blogazine

Menurut pendapat berbagai sumber Blogazine adalah Blog Magazine yaitu Blog bergaya Majalah yang setiap tampilan Postnya berbeda. Ada juga yang menyebut Custom Post, Unique Post dan beberapa sebutan lainnya. Semua pendapat orang berbeda-beda, Intinya Blogazine adalah Blog yang setiap tampilan per post berbeda desain. Saya bukanlah Master dan masih Newbie dalam Blogazine, Posting Blogazine saya pun masih jelek dan berantakan ( baca : Koran - Suara Simbah , Foto Toples Ayu Ting Ting , 1000 Rupiah Kertas Baru , Dibalik Nama Mbah Qopet ) juga mungkin belum dapat disebut Blogazine.Ini Dasar-dasar saya untuk membuat Blogazine atau untuk saya lebih pantas di sebut Custom Post.



  1. Sobat harus memahami kode CSS dan HTML.
  2. Memulai dengan mengganti warna Background Body maupun Post.
  3. Mengganti warna dan jenis font.
  4. Mengganti Judul Posting dengan Huruf.
  5. Mengganti lebar posting.
  6. Menghilangkan elemen-elemen seperti sidebar dan footer.

Request Make Custom Post Koran Design

Setelah Saya membuat Custom Post Koran - Suara Simbah , ternyata banyak yang tertarik membuatnya.Daripada nggak ada Ide buat posting mending saya share aja cara membuat Custom Post Bergaya Koran. Yang pertama perlu sobat lakukan adalah Menghilangkan Elemen seperti Footer, Header , Sidebar dan lain-lain, tentu saja hanya pada halaman posting , jadi hanya halaman posting saja yang terlihat. Kedua, membagi posting menjadi beberapa kolom dengan menggunakan CSS atau Tabel. Ketiga , kreasikan Desainmu.

Menghilangkan Elemen

Letakkan Kode ini di Edit HTML pada Posting ( bukan di rancangan).

<style>
#sidebar-wrapper , #footer , .post h1, .post h2 , #header-wrapper , #header-inner , #header , #header h1 , #header a , #header a:hover , #header .description{
display: none !important;
}
#main-wrapper, .post {
width: 800px;
}
</style>

Kode di atas dapat di ganti dengan Elemen yang ingin kalian hilangkan pada bagian Posting.
Membagi Kolom Posting

Untuk membuat Custom Post Koran tentunya harus membagi tulisan menjadi beberapa kolom agar tampilannya semakin mirip dengan Koran. Taruh kode ini di Edit HTML Posting.

<table cellpadding="30" cellspacing="10"><tbody>
<tr> 
<td align="justify" valign="top" width="300"> isi postingan pertama </td>

<td align="justify" valign="top" width="300"> isi postingan kedua </td>

<td align="justify" valign="top" width="300"> isi postingan ketiga </td>
</tr>
</tbody></table>

Kolom tersebut bisa di tambah maupun di kurangi.
Kreasikan Desainmu

Kreasikan Desainmu dengan CSS maupun HTML seperti mengganti warna dan jenis Font, memberi border pada Background, mengganti Background dan masih banyak lagi lainnya.Semua bisa di lakukan sesuai keinginan sobat.

Silahkan tanya jika ada yang tidak di mengerti.

Sekian posting saya kali ini jika ada yang kurang jelas ( karena saya memang nggak jelas menjelaskannya ) atau ada yang mau memberi KRITIK dan SARAN saya terima dengan senang hati. Silahkan tinggalkan komentar.

 
Powered by Blogger