Para Ulama Sunni dan Syiah sepakat bahwa Imam ‘Ali adalah orang yang
pertama kali membukukan Al-Qur’an berdasarkan turunnya wahyu untuk yang
pertama kalinya. Banyak hadits sunni dan syiah yang menerangkan bahwa
sepeninggal Nabi Muhammad Saaw, Imam ‘Ali bersumpah bahwa ia tidak akan
keluar dari rumahnya sampai ia menyelesaikan pembukuan tersebut.
Referensi Sunni :
- Fat’hul Bari fi Sharh Sahih al-Bukhari, oleh Ibn Hajar al-Asqalani, vol 10, hal 386
- al-fihrist, oleh (Ibn) an-Nadim, hal 30
- al-Itqan, oleh al-Suyuti, vol 1, hal 165
- al-Masahif, oleh Ibn Abi Dawud, hal 10
- Hilyatul awliya’, oleh Abu Nu’aym, vol 1, hal 67
- al-Sahibi, oleh Ibn Faris, hal 79
- ‘Umdatul Qari, oleh al-Ayni, vol 20, hal 16
- Kanzul Ummal, oleh al-Muttaqi al-Hindi, vol 15, hal 112-113
- al-Sawa’iq al-Muhriqah, oleh Ibn Hajar al-Haythami, Bab. 9, bagian 4, hal 197
- Ma’rifat al-Qurra’ al-kibar, oleh al-Dhahabi, vol 1, hal 31
- Fat’hul Bari fi Sharh Sahih al-Bukhari, oleh Ibn Hajar al-Asqalani, vol 10, hal 386
- al-fihrist, oleh (Ibn) an-Nadim, hal 30
- al-Itqan, oleh al-Suyuti, vol 1, hal 165
- al-Masahif, oleh Ibn Abi Dawud, hal 10
- Hilyatul awliya’, oleh Abu Nu’aym, vol 1, hal 67
- al-Sahibi, oleh Ibn Faris, hal 79
- ‘Umdatul Qari, oleh al-Ayni, vol 20, hal 16
- Kanzul Ummal, oleh al-Muttaqi al-Hindi, vol 15, hal 112-113
- al-Sawa’iq al-Muhriqah, oleh Ibn Hajar al-Haythami, Bab. 9, bagian 4, hal 197
- Ma’rifat al-Qurra’ al-kibar, oleh al-Dhahabi, vol 1, hal 31
Dalam hadits syiah juga diterangkan bahwa Nabi Muhammad lah yang
memerintahkan Imam ‘Ali untuk melakukan pembukuan tersebut. (Al-Bihar
vol 92 hal 40-41, 48, 51-52)
Adapun keunikan dari Al-Qur’an yang disusun Imam ‘Ali adalah :
A. Dikumpulkan berdasarkan turunnya wahyu, hal inilah yang membuat
Muhammad ibn Siren (seorang tabi’i, ulama terkemuka) merasa menyayangkan
bahwa Al-Qur’an tsb kini tidak berada di tangan umat muslim “Jika
transkip Al-Qur’an itu berada di tangan kita, tentunya banyak
pengetahuan yang dapat kita petik”.
Referensi Sunni :
- at-Tabaqat, oleh Ibn Sa’d, vol 2, bag 2, hal 101
- Ansab al-ashraf, oleh al-Baladhuri, vol 1, hal 587
- al-Istiab, oleh Ibn Abd al-Barr, vol 3, hal 973-974
- Sharh Ibn Abi al-Hadid, vol 6, hal 40-41
- al-Tas’hil, oleh Ibn Juzzi al-Kalbi, vol 1, hal 4
- al-Itqan, oleh al-Suyuti, vol 1, hal 166
- al-Sawa’iq al-Muhriqah, oleh Ibn Hajar al-Haythami, Bab. 9, bagian 4, hal 197
- Ma’rifat al-Qurra’ al-kibar, oleh al-Dhahabi, vol 1, hal 32
- at-Tabaqat, oleh Ibn Sa’d, vol 2, bag 2, hal 101
- Ansab al-ashraf, oleh al-Baladhuri, vol 1, hal 587
- al-Istiab, oleh Ibn Abd al-Barr, vol 3, hal 973-974
- Sharh Ibn Abi al-Hadid, vol 6, hal 40-41
- al-Tas’hil, oleh Ibn Juzzi al-Kalbi, vol 1, hal 4
- al-Itqan, oleh al-Suyuti, vol 1, hal 166
- al-Sawa’iq al-Muhriqah, oleh Ibn Hajar al-Haythami, Bab. 9, bagian 4, hal 197
- Ma’rifat al-Qurra’ al-kibar, oleh al-Dhahabi, vol 1, hal 32
Berdasarkan transkip tersebut mayoritas ulama sunni menyatakan bahwa
surat yang pertama kali turun adalah surat al-iqra/al-alaq (QS 96).
Referensi Sunni:
- al-Burhan, oleh al-Zarkashi, vol 1, hal 259
- al-Itqan, oleh al-Suyuti, vol 1, hal 202
- Fathul Bari, oleh Ibn Hajar al-Asqalani, vol 10, hal 417
- Irshad al-sari, oleh al-Qastalani, vol 7, hal 454
- al-Burhan, oleh al-Zarkashi, vol 1, hal 259
- al-Itqan, oleh al-Suyuti, vol 1, hal 202
- Fathul Bari, oleh Ibn Hajar al-Asqalani, vol 10, hal 417
- Irshad al-sari, oleh al-Qastalani, vol 7, hal 454
Sedangkan pada kenyataannya surat Al-Alaq justru bukan terletak
dibagian awal Al-Quran, tapi justru hampir di akhirnya. Mayoritas
muslim juga sepakat bahwa ayat 5:3 merupakan salah satu dari ayat-ayat
yang terakhir kali diturunkan (tapi bukan yang terakhir). Tapi pada
kenyataannya tidak terletak pada bagian akhir Al-Qur’an.
Hal ini membuktikan bahwa meskipun Al-Quran yang saat ini kita
gunakan benar-benar lengkap, namun susunannya tidak sesuai dgn yang
semestinya.
Oleh sebab itulah wajar kiranya jika Imam ‘Ali mengatakan : “Tanyakan
lah kepadaku sebelum kalian kehilanganku. Demi Allah, jika kalian
bertanya tentang apa pun yang terjadi sampai hari pengadilan, aku akan
menjawabnya. Tanyalah aku, Demi Allah, kalian tak akan mengetahui apapun
sebelum aku mengatakannya kepadamu. Tanyakan kepadaku tentang kitab
Allah,Demi Allah sebab tidak ada satu pun ayat yang tidak aku ketahui,
baik ketika diturunkan pada siang atau malam hari, baik di gurun maupun
di pegunungan.”
Referensi Sunni :
- al-Riyadh al-Nadhirah, oleh al-Muhib al-Tabari, vol 2, hal 198
- at-Tabaqat, oleh Ibn Sa’d, vol 2, bag 2, hal 101
- al-Isabah, oleh Ibn Hajar al-Asqalani, vol 4, hal 568
- Tahdhib al-Tahdhib, oleh Ibn Hajar al-Asqalani, vol 7, hal 337-338
- Fathul Bari, oleh Ibn Hajar al-Asqalani, vol 8, hal 485
- al-Istiab, oleh Ibn Abd al-Barr, vol 3, hal 1107
- Tarikh al-Khulafa, oleh al-Suyuti, hal 124
- al-Itqan, by al-Suyuti, vol 2, hal 319
- al-Riyadh al-Nadhirah, oleh al-Muhib al-Tabari, vol 2, hal 198
- at-Tabaqat, oleh Ibn Sa’d, vol 2, bag 2, hal 101
- al-Isabah, oleh Ibn Hajar al-Asqalani, vol 4, hal 568
- Tahdhib al-Tahdhib, oleh Ibn Hajar al-Asqalani, vol 7, hal 337-338
- Fathul Bari, oleh Ibn Hajar al-Asqalani, vol 8, hal 485
- al-Istiab, oleh Ibn Abd al-Barr, vol 3, hal 1107
- Tarikh al-Khulafa, oleh al-Suyuti, hal 124
- al-Itqan, by al-Suyuti, vol 2, hal 319
B. Dalam transkip Al-quran ini didalamnya terdapat tafsir dan ta’wil
yang langsung ditafsirkan serta di ta’wilkan oleh Nabi Muhammad Saaw,
tapi bukan pada bagian ayat-ayat Al-Quran nya.
C. Dalam transkip ini juga terdapat nama-nama orang, lokasi, serta
peristiwa yang menyebabkan suatu ayat diturunkan atau bisa dikatakan
asba al-nuzul-nya.
Referensi Sunni :
- Hilyatul Awliyaa, oleh Abu Nu’aym, vol 1, hal 67-68
- at-Tabaqat, oleh Ibn Sa’d, vol 2, bag 2, hal 101
- Kanzul Ummal, oleh al-Muttaqi al-Hindi, vol 15, hal 113
- al-Sawa’iq al-Muhriqah, oleh Ibn Hajar al-Haythami, Bab. 9, Sub-Bab 4, hal 197
- Hilyatul Awliyaa, oleh Abu Nu’aym, vol 1, hal 67-68
- at-Tabaqat, oleh Ibn Sa’d, vol 2, bag 2, hal 101
- Kanzul Ummal, oleh al-Muttaqi al-Hindi, vol 15, hal 113
- al-Sawa’iq al-Muhriqah, oleh Ibn Hajar al-Haythami, Bab. 9, Sub-Bab 4, hal 197
Dari keterangan diatas terutama dari ucapan Muhammad ibn Siren dapat
disimpulkan bahwa Mushaf Imam ‘Ali bukan hilang beberapa lembar, tapi
semuanya. Tapi itu hanya pendapat saya saja, mungkin ada yang mau
tambahin atau koreksi….
0 komentar:
Posting Komentar