SILABUS BAHASA DAN SASTRA SUNDA Kls. VI SD/MI



SILABUS BAHASA DAN SASTRA SUNDA Kls. VI SD/MI
I. SILABUS SEMESTER I
SATUAN PENDIDIKAN : SD (Sekolah Dasar)
KELAS : VI (enam)
Alokasi Waktu : Jam Pelajaran

  1. Standar Kompetensi

    1. Menyimak (ngaregepkeun)
      Mampu menyimak, memahami, serta menanggapi berbagai jenis wacana lisan
      tentang berita radio/televisi, cerita rakyat, dan nasihat.
    2. Berbicara (Nyarita)
      Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, serta keinginan secara lisan dalam menceritakan hasil pengamatan, membahas isi buku, mengkritik sesuatu disertai alasan, biantara (pidato), berdiskusi, memerankan drama anak-anak
  2. Kompetensi Dasar

    1. Menyimak Nasihat
    2. Menceritakan hasil pengamatan



  1. Materi Pokok

    1. Nasihat
    2. Hasil Pengamatan(Nitenan)
  2. Pengalaman Belajar

    1. Murid menyimak wacana ”Piwuruk Ibu Hani” dengan sikap yang baik.
    2. Murid menceritakan kembali isi cerita nasihat ”Piwuruk Ibu Hani”.
    3. Murid menyimpulkan isi nasihat.
    4. Murid menanggapi berbagai aspek nasihat
    5. Murid menentukan kalimat nasihat (piwuruk)
    6. Murid mendeskripsikan kembali aspek- aspek nasihat.
    7. Murid menyimak dengan sikap yang baik wacana hasil pengamatan ”Kaayaan SD Sukasari I”.
    8. Murid menjelaskan pokok-pokok hal yang diamati
    9. Murid menjawab pertanyaan dari wacana ”Kaayaan SD Sukasari I”.
    10. Murid menjelaskan secara rinci hasil pengamatan dengan bahasa yang runtut dan komunikatif
  3. Indikator

    1. Dapat menyimak wacana ”Piwuruk Ibu Hani” dengan sikap yang baik.
    2. Dapat menceritakan kembali isi cerita nasihat ”Piwuruk Ibu Hani”.
    3. Dapat menyimpulkan isi nasihat.
    4. Dapat menanggapi berbagai aspek nasihat.
    5. Dapat menentukan kalimat nasihat (piwuruk)
    6. Dapat mendeskripsikan kembali aspek-aspek nasihat.Dapat menyimak dengan sikap baik wacana hasil pengamatan ”Kaayaan SD Sukari I”.
    7. Dapat menjelaskan pokok-pokok hal yang diamati
    8. Dapat menjawab pertanyaan dari wacana ”Kaayaan SD Sukasari I”.
      D
    9. apat menjelaskan secara rinci hasil pengamatan dengan bahasa yang runtut dan komunikatif.
  4. Jenis Penilaian

    1. Responsi
    2. Pertanyaan lisan/ tulisan
    3. Ulangan Harian
  5. Sumber Belajar

    1. Buku Paket Pangrumat Basa Sunda pikeun Murid SD Kelas 6
    2. Kamus Umum Basa Sunda
    3. Contoh kalimat-kalimat yang berisi nasihat

    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC

II. SILABUS SEMESTER II
SATUAN PENDIDIKAN : SD (Sekolah Dasar)
KELAS : VI (enam)
Alokasi Waktu : Jam Pelajaran

  1. Standar Kompetensi

    1. Menulis (Nulis)
      Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, serta keinginan secara tertulis dalam mengisi formulir, menulis kejadian, melengkapi karangan, menulis pidato,menulis berita,
      dan menulis riwayat hidup.
    2. Berbicara (Nyarita)
      Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, serta keinginan secara lisan dalam menceritakan hasil pengamatan, membahas isi buku, mengkritik sesuatu disertai alasan, biantara (pidato), berdiskusi, memerankan drama anak-anak.
  2. Kompetensi Dasar

    1. Menulis pidato (biantara).
    2. Mengisi isian/ formulir
    3. Memerankan drama anak-anak.
  3. Materi Pokok

    1. Pidato
    2. Formulir/Isian
    3. Drama anak
  4. Pengalaman Belajar

    1. Murid menyebutkan pokok-pokok pikiran yang akan disampaikan dalam biantara.
    2. Murid menjawab pertanyaan dari isi
    3. Murid menyusun pokok-pokok pikiran dalam pidato (pembuka, isi, dan penutup).
    4. Murid menulis pidato pendek dengan bahasa yang santun
    5. Murid menyebutkan petunjuk pengisian formulir tanpa bantuan.
    6. Murid mengisi formulir dengan benar.
    7. Siswa menghafalkan dialog drama anak-anak.
    8. Siswa bermain peran drama anak-anak dengan penghayatan dan ekspresi gerak-gerik dan mimik yang sesuai dengan karakter tokoh.
    9. Dapat menjawab pertanyaan dari drama tang diragakan
  5. Indikator

    1. Dapat menyebutkan pokok-pokok pikiran yang akan disampaikan dalam biantara.
    2. Dapat menjawab perta- nyaan dari isi drama
    3. Dapat menyusun pokok-pokok pikiran dalam pidato (pembuka, isi, dan penutup).
    4. Dapat menulis pidato pendek dengan bahasa yang santun.
    5. Dapat menyebutkan petunjuk pengisian formulir tanpa bantuan.
    6. Dapat mengisi formulir dengan benar.
    7. Dapat menghafalkan dialog drama anak-anak.
    8. Dapat bermain peran drama anak-anak dengan penghayatan dan ekspresi gerak-gerik dan mimik yang sesuai dengan karakter tokoh.
    9. Dapat menjawab pertanyaan dari drama yang diragakan
  6. Jenis Penilaian

    1. Responsi(praktik)
    2. Pertanyaan lisan/tulisan
    3. Ulangan Harian
  7. Sumber Belajar

    1. Buku Paket Pangrumat Basa Sunda SD Kelas 6
    2. Kamus Umum Basa Sunda
    3. Contoh teks pidato

    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger