Cerita Rakyat

Cerita rakyat adalah cerita yang tumbuh dan berkembang di suatu daerah tertentu. Cerita tersebut berkembang secara lisan (dari mulut ke mulut) dan tidak jelas siapa pengarangnya. Cerita rakyat biasanya dibumbui dengan ha-hal yang tidak masuk akal atau tidak mungkin terjadi.
Ciri-ciri cerita rakyat antara lain :
a. disampaikan secara lisan
b. pengarangnya tidak diketahui

unsur-unsur dalam cerita rakyat antara lain :
  1. Latar
Latar adalah keterangan mengenai waktu, ruang dan suasana yang terjadi dalam suatu cerita (KKBI, 2005:643).  Latar dapat dibedakan menjadi latar tempat dan latar waktu.. latar tempat misalnya : terjadi di sebuah hutan, di pasar, di rumah, di desa, di kota, dan sebagainya. Latar waktu misalnya pada pagi hari, atau beberapa bulan lalu.

  1. Amanat
Amanat adalah gagasan yang mendasari karya sastra: pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca atau pendengar (KBBI, 2005: 35). Misalnya cerita Malin Kundang , amanat cerita tersebut adalah supaya kita jangan durhaka kepada orang tua terutama ibu.

  1. Watak/ penokohan
Watak adalah sifat batin manusia yang mempengaruhi segenap pikiran dan tingkah laku ( KKBI, 2005 : 1270). Misalnya tokoh A wataknya jujur dan setia, tokoh B wataknya sombong dan angkuh.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger