Sabtu, 24 Maret 2012

SILABUS DAN RPP BAHASA SUNDA Kls. VII B SMP/MTs


SILABUS DAN RPP BAHASA SUNDA Kls. VII B SMP/MTs
I. SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Sunda
Satuan Pendidikan : SMP/MTs.
Kelas/Semester : VII(tujuh)/ 2 (dua)

  1. STANDAR KOMPETENSI

    1. Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara lisan dalam bentuk
      berbicara melalui telepon.
    2. Mampu membaca, memahami, dan menanggapi dongéng.
    3. Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam bentuk sajak.
    4. Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara lisan dalam menyampaikan bahasan.
    5. Mampu membaca, memahami, dan menanggapi wacana carita pondok.
    6. Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis karangan eksposisi (bahasan).
    7. Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis berita.

    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC


II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pembelajaran : SMP/MTs
Materi Pembelajaran : Bahasa dan Sastra Sunda
Materi Pokok : Bertelepon (10)
Kelas/Semester : VII(tujuh)/2 (dua)
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran

  1. STANDAR KOMPETESI
    Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara lisan dalam bentuk
    berbicara melalui telepon.
  2. KOMPETENSI DASAR
    Berbicara melalui telepon.
  3. INDIKATOR
    Dapat memilih dan mengucapkan salam pembuka atau membalas salam pembuka
    dengan baik.
    Dapat berbicara dengan volume sura dan intonasi yang baik.
    Dapat mengungkapkan maksud dengan singkat dan jelas.
    Dapat menggunakan bahasa dengan efektif dan santun.
  4. TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS
    Berbicara melalui telepon.

    1. KEGIATAN PEMBELAJARAN

      1. PERSIAPAN
        Tegur sapa, mengabsen
        Apersepsi
        Pretes
        Memotivasi siswa
      2. KEGIATAN IINTI (dibagi dalam 2 pertemuan)
        Mengamati contoh bertelepon yang baik pada wacana.
        Latihan bertelepon dengan teman sebangkunya.
        Memilih topik pembicaraan.
        Bergiliran bertele-pon di depan kelas.
      3. PENUTUP
        Menegaskan bahan pembelajaran.
        Postes.
        Menjelaskan kegiatan lanjutan termasuk penugasan.
        Menutup pembelajaran.
    2. DESAIN PEMBELAJARAN
      Pendekatan Pembelajaran:
      Pendekatan kompetensi komunikatif.
      Pendekatan kontekstual.
    3. MEDIA PEMBELAJARAN
      Wacana cara bertelepon (lihat buku Lancar Basa Sunda VII-B, hal. 3-4)
    4. EVALUASI
      Cing pék baca heula ku hidep wacana conto paguneman nu aya dina buku!
      Pék tuluy diajar nelepon jeung batur sabangu!
      Pilih jejer nu rék dicaritakeun dina telepon!
      Ayeuna pék bagilir ka hareup duan-duaan jeung babaturan!

    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC
    Yang Lainya : Silahkan DOWNLOAD di bawah .
    1. Program Tahunan File Bentuk PDF
    2. Program Tahunan File Bentuk DOC
    3. Program Semester File Bentuk PDF
    4. Program Semester File Bentuk DOC
    5. Pemetaan Program File Bentuk PDF
    6. Pemetaan Program File Bentuk DOC

0 komentar:

Poskan Komentar

Kulo Nyuwun Komentare Geh

KamuS BahasA IndonesiA
KamuS BahasA InggriS

 
Powered by Blogger