TUJUH KEBIASAAN


1. KEBIASAAN MENGUCAP SYUKUR Ini
adalah kebiasaan istimewa yng bisa mengubah hidup selalu mnjadi lebih baik. Bahkan agama mendo rong kita bersyukur tidak saja untk hal hal yang baik , tapi juga dalam ksussahan dan hari-hari yng buruk. Ada rahasia besar dibalik ucapan syukur yang sudah terbukti sepanjang sejarah. Hellen Keller yng buta dan tuli sejak usia dua tahun, telah menjadi orang yang terkenal dn dikagumi diseluruh dunia. Salah satu ucapannya yg byk memotivasi orang adalah Aku bersyukur atas cacat-cacat ini aku menemukan diriku, pekerjaanku dan. Tuhanku. Memang sulit untuk bersyukur,namun kita bisa belajar secara bertahap. Mulailah mensyukuri kehidupan, mensyukuri berkat , kesehatan, keluarga, sahabat dsb. Lama kelamaan Anda bahkan bisa bersyukur atas kesusahan dan situasi yang buruk.

2. KEBIASAAN BERPIKIR POSITIF
Hidup kita dibentuk oleh apa yang paling sering kita pikirkan. Kalau selalu berpikiran positif, kita cen derung menjadi pribadi yang yang positif. Ciri- ciri dari pikiran yang positif selalu mengarah kepada kebenaran, kebaikan, kasih sayang, harapan dan suka cita. Sering-seringlah memantau apa yang sedang Anda pikirkan. Kalau Anda terbenam dalam pikiran negatif, kendalikanlah segera kearah yang positif. Jadikanlah berpikir positif sebagai kebiasaan dan lihatlah betapa banyak hal-hal positif sebagai kebiasaan dan lihatlah betapa banyak hal-hal positif yang akan Anda alami.

3. KEBIASAAN BEREMPATI
Kemampuan berhubungan dengan orang lain merupakan kelebihan yg dimiliki oleh bnyk orang sukses. Dn salah satu unsur penting dalam berhubungan dengan orang lain adalah empati, kemampuan atau kepekaan untuk memandang dari sudut pandang orang lain.Orang yang empati bahkn bisa merasakan perasaan orang lain . Orang yang empati bahkan bisa merasakan perasaan orang lain, mengerti keinginannya dan mnangkap motif dibalik sikap org lain. Ini berlawann sekali dengan sikap egois , yang justru menuntut diperhatikan dan dimengerti orang lain. Meskipun tidk semua org mudah berempati, namun kita bisa belajar dengan membiasakan diri melakukan tindakan tindakan yang empatik. Misalnya, jadilah pendengar yang baik, belajarlah menempatkan diri pada posisi orang lain, belajarlah melakukan apa yang Anda ingin orang lain lkukankepada Anda, dsb.

4. KEBIASAAN MENDAHULUKAN HAL YANG PENTING Pikirkanlah
apa saja yang paling penting, dan dahulukanlah!. Jangan biarkan hidup Anda terjebak dalam hal- hal yang tidk pnting sementara hal-hal yang penting terabaikan. Mulailah memilah-milah mana yang pnting dn mana yg tidak, kbiasaan mendahulukan yang penting akan membuat hidup Anda efektif dan produktif dan meningkatkan citra diri Anda secara signifikan.

5. KEBIASAAN BERTINDAK Bila Anda
sudah mempunyai penge tahuan , sudah mempunyai tujuan yang hendak dicapai dan sudah mem punyai kesadaran mengenai apa yang harus dilakukan , maka langkah slanjutnya adlah bertin dak. Biasakan untuk mnghargai waktu, lawanlah rasa malas dngn bersikap aktif. Banyak orang yang gagal dalam hidup krn hanya mempunyai impian dn hanya mmpunyai tujuan tapi tak mau melangkah.

6. KEBIASAAN MENABUR BENI
Prinsip tabur benih ini brlaku dalam kehidupan. Pada waktunya Anda akan menuai yang Anda tabur. Bayangkanlah , betapa kayanya hidup Anda bila Anda selalu menebar benih kebaikan. Tapi sebaliknya, betapa miskinnya Anda bila rajin menabur keburukan.

7. KEBIASAAN HIDUP JUJUR
Tanpa kejujuran , kita tidak bisa menjadi pribadiyang utuh, bahkan bisa merusak harga diri dan masa depan Anda sendiri. Mulailah mem biasakan diri bersikap jujur, tidak saja kepada diri sendir tapi juga ter hadap orang lain. Mulailah menga takan kebenaran, meskipun mengandung resiko. Bila Anda ber bohong, kendalikanlah kbohongan Anda sedikit demi sedikit.

( Sumber : motivasi.com , By : Deden Wahyudin)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger